Skin Tag di Kulit Bayi, Ini Cara Mencegah dan Menghilangkannya

30 Apr, 2020Artikel

Skin tag atau daging tumbuh adalah tonjolan kecil dan lunak di permukaan kulit yang mirip dengan kutil. Kondisi ini bisa saja dialami oleh bayi. Meski tidak berbahaya, skin tag di kulit bayi bisa menimbulkan masalah bila tergesek atau tergaruk, sehingga perlu dihilangkan dengan cara yang aman.

Apa Itu Skin Tag?

Skin tag atau juga dikenal sebagai akrokordon sering kali menyerupai kutil. Bedanya, kutil disebabkan oleh infeksi virus HPV pada kulit dan terasa kasar ketika diraba, sedangkan skin tag diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor dan cenderung terasa lembut. Selain itu, kutil bisa menyebar dan tumbuh berkelompok. Berbeda dengan skin tag yang cenderung tumbuh tunggal.

Pada sebagian besar kasus, akrokordon tumbuh di kulit yang kering. Daging tumbuh ini biasanya muncul di bagian kulit yang sering mengalami gesekan, seperti ketiak, selangkangan, atau lipatan bokong. Selain di area tersebut, skin tag kadang juga muncul di leher atau kelopak mata.

Skin tag umumnya tidak berbahaya. Meski demikian, daging tumbuh bisa tidak sengaja tergaruk atau tergesek dan tersangkut di pakaian bayi sehingga jadi iritasi atau berdarah. Jika hal ini terjadi, Moms bisa mempertimbangkan untuk menghilangkan daging tumbuh tersebut yang muncul di kulit Si Kecil.

Apa Penyebab Munculnya Skin Tag?

Skin tag terbentuk dari kolagen dan pembuluh darah yang diselubungi oleh kulit. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada bayi. Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan munculnya daging tumbuh, terutama pada bayi.

Pada orang dewasa, ada beberapa kondisi yang diduga berkaitan, yaitu diabetes tipe 2, berat badan berlebih atau obesitas, dan perubahan hormon pada masa kehamilan.

Cara Aman Menghilangkan Skin Tag

Skin tag umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu dihilangkan. Namun, jika tergesek oleh pakaian atau tergaruk, kulit bayi bisa luka dan berdarah.

cara menghilangkan skin tag

Bagaimana Cara Menghilangkan Skin Tag?

Apabila skin tag menyebabkan luka, perdarahan, atau dirasa mengganggu, sebaiknya Moms membawa Si Kecil ke dokter. Ada beberapa prosedur yang bisa dilakukan dokter untuk menghilangkan skin tag dengan aman, yaitu:

  • Memotong skin tag menggunakan gunting bedah
  • Mengikat menggunakan benang khusus
  • Memanaskan menggunakan arus listrik
  • Membekukan skin tag menggunakan nitrogen cair

Ingat, jangan mencoba untuk menghilangkan skin tag sendiri, ya, Moms. Memang ada beberapa cara untuk menghilangkan akrokordon secara mandiri, misalnya dengan mengoleskan cuka apel atau bawang putih ke daging tumbuh tersebut, tetapi cara-cara tersebut belum tentu aman, apalagi bagi bayi.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi

Mencegah Skin Tag di Kulit Bayi dengan Pelembap

Kulit bayi yang baru lahir 60% lebih tipis daripada kulit orang dewasa, sehingga lebih mudah kering. Nah, seperti telah dijelaskan sebelumnya, akrokordon umumnya muncul di area-area kulit yang kering dan sering mengalami gesekan, seperti leher, ketiak, dan lipatan bokong.

Oleh sebab itu, untuk mencegah munculnya daging tumbuh pada kulit Si Kecil, Moms perlu menjaga kelembapan kulitnya. Salah satunya dengan menggunakan produk pelembap yang khusus untuk kulit bayi.

Pilihlah produk pelembap bayi yang telah teruji secara dermatologis dapat meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, pilih pelembap yang bersifat dermoprotective untuk memberikan perlindungan pada kulit bayi, serta mudah diserap oleh kulit bayi.

Jadi, agar kulit Si Kecil tidak kering dan rentan ditumbuhi skin tag, pastikan kelembapan kulitnya terjaga dengan baik. Pilihlah produk pelembap yang memang khusus untuk bayi dan sudah teruji keamanannya. Jika muncul daging tumbuh pada kulit Si Kecil dan dirasa mengganggu, bawalah Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan, ya, Moms

 

 

TAGS:

Artikel Lainnya

Penggunaan Pelembab Bayi yang Tepat dan Aman untuk Si Kecil

Penggunaan Pelembab Bayi yang Tepat dan Aman untuk Si Kecil

Salah satu cara untuk memelihara kesehatan kulit bayi sekaligus menjaga kelembapannya adalah mengoleskan pelembab bayi secara rutin. Namun, Moms perlu lebih selektif dalam memilih produk pelembab untuk Si Kecil karena tidak semua pelembab cocok digunakan pada kulit...

Kenali Ceramide dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit

Kenali Ceramide dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan kulit, pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. Pasalnya, bahan ini memiliki sejumlah manfaat, mulai dari mencegah kulit kering hingga meringankan gejala eksim, seperti kulit kering dan gatal-gatal. Apa Itu...

Memilih Pelembap untuk Kulit Sensitif pada Bayi

Memilih Pelembap untuk Kulit Sensitif pada Bayi

Untuk mencegah Si Kecil mengalami masalah kulit, pelembap untuk kulit sensitif diperlukan untuk merawat kulit bayi yang masih tipis dan rentan. Salah satu cara Moms merawatnya adalah dengan memberikan Si kecil pelembap khusus untuk bayi. Bayi rentan mengalami iritasi...

SensiCare