Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Persiapannya

2 Mar, 2020Artikel

Memandikan bayi bisa menjadi momen yang menegangkan bagi para ibu, terlebih bila ini adalah pengalaman pertama. Jika Moms masih ragu-ragu atau takut untuk memandikan Si Kecil, yuk, simak penjelasan berikut tentang cara memandikan bayi yang benar.

Sebagai orang tua baru, mungkin Moms merasa sedikit takut dan canggung ketika memandikan Si Kecil. Padahal, kegiatan ini bisa menjadi momen yang mengasyikkan, lho!

 

Ini yang Harus Dipersiapkan sebelum Bayi Mandi

Sebelum memandikan Si Kecil, pastikan Moms sudah menyiapkan semua perlengkapannya terlebih dahulu, agar proses memandikan Si Kecil lancar dan tidak perlu berlama-lama. Berada di bak mandi terlalu lama bisa membuat Si Kecil kedinginan dan tidak nyaman, sehingga ia akan jadi rewel.

Berikut adalah perlengkapan yang harus disiapkan sebelum memandikan bayi:

  • Bak mandi bayi, gayung, dan peralatan mandi lainnya yang dibutuhkan
  • Sabun dan sampo khusus untuk bayi, agar kulit bayi tidak iritasi
  • Kain lembut
  • Waslap untuk menyeka tubuh bayi
  • Handuk dan alas ganti
  • Pakaian dan popok
  • Sisir
  • Lotion melembapkan kulit bayi

 

Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Aman

Proses memandikan bayi bisa dibagi menjadi 2 tahap. Pertama, menyiapkan tempat dan perlengkapan mandi. Kedua, tahap memandikan bayi itu sendiri.

memandikan bayi

Cara Memandikan Bayi Yang Benar dan Aman

 

Persiapan tempat dan perlengkapan mandi

Moms tidak harus memandikan Si Kecil di kamar mandi, bisa juga di ruangan lain. Namun, pastikan ruangan tempat memandikan bayi bersuhu hangat, aman, dan bersih.

Letakkan bak mandi di tempat yang memudahkan Moms untuk bergerak. Meja kerja atau meja tulis, misalnya, bisa jadi tempat dengan ketinggian yang pas untuk memandikan bayi. Setelah itu, pastikan perlengkapan mandi sudah tersedia di dekat Moms.

Air yang digunakan untuk memandikan bayi harus hangat, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Jumlah air di dalam bak mandi bergantung pada ukuran bayi. Pastikan air tidak terlalu banyak dan jangan sampai air merendam bahu bayi saat mandi.

Sebelum mulai memandikan bayi, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, Moms. Selain itu, copot semua aksesoris dari tangan Moms agar tidak melukai Si Kecil.

 

Memandikan Bayi

Berikut adalah langkah-langkah dasar memandikan bayi:

  1. Tanggalkan pakaian dan popok Si Kecil.
  2. Topang Si Kecil dengan satu tangan di belakang kepala dan lehernya, dan tangan yang lain di badannya. Pelan-pelan masukkan Si Kecil ke dalam air mulai dari kaki hingga bahu.
  3. Pertahankan kepala Si Kecil di atas permukaan air dengan satu tangan dan gunakan tangan yang lain untuk memandikannya.
  4. Bersihkan mata dan wajahnya terlebih dahulu menggunakan kain lembut yang telah dicelupkan ke air hangat tanpa sabun. Bersihkan kelopak mata Si Kecil dari dalam ke luar.
  5. Tuang sedikit sabun ke dalam air.
  6. Gosokkan air yang sudah bersabun, mulai dari belakang telinga, leher, lalu ke seluruh badan Si Kecil. Fokuskan area lipatan, seperti ketiak dan selangkangan, juga sela-sela jari.
  7. Jangan lupa membersihkan area kelamin Si Kecil. Untuk bayi perempuan, bersihkan alat kelaminnya dari depan ke belakang.
  8. Keramas bisa dilakukan 1–2 kali per minggu. Tuang sedikit sampo ke tangan Moms, lalu usapkan perlahan ke kepala Si Kecil. Setelah itu, bilas kepalanya secara perlahan sampai bersih. Pastikan busa sampo tidak masuk ke mata dan telinga.
  9. Bilas dan guyur tubuh Si Kecil sekali lagi agar benar-benar bersih dari busa sabun dan sampo, kemudian seka tubuhnya dengan waslap.
  10. Angkat Si Kecil secara perlahan dari bak mandi dan segera letakkan ia di atas handuk.
  11. Keringkan badan Si Kecil dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara perlahan ke badannya. Ingat, jangan menggosokkan handuk ke kulit Si Kecil dan pastikan area lipatan sudah benar-benar kering.
  12. Oleskan losion bayi pada area tubuh Si Kecil yang mudah kering atau sensitif.
  13. Kenakan popok dan pakaiannya. Selanjutnya, Moms bisa menyisir rambut Si Kecil.

 

Satu hal yang perlu diingat saat memandikan bayi adalah jangan pernah meninggalkannya sendiri di bak mandi. Bayi sangat mudah tenggelam, bahkan di bak mandi yang airnya dangkal. Jika Moms benar-benar perlu beranjak dari tempat mandi, lebih baik bawa Si Kecil bersama Moms.

 

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Soal Memandikan Bayi

Sebenarnya, bayi tidak harus dimandikan setiap hari lho, Moms, terlebih bayi yang baru lahir. Alasannya adalah karena mandi terlalu sering bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Memandikan bayi sebanyak 2–3 kali seminggu sudah dianggap cukup untuk membersihkan tubuhnya dari keringat.

Waktu terbaik untuk Si Kecil mandi menyesuaikan dengan suasana hatinya setelah mandi. Jika Si Kecil cenderung menjadi bersemangat dan ingin bermain setelah mandi, lebih baik mandikan ia di siang hari. Namun, jika mandi malah membuat Si Kecil mengantuk, mandikan ia sebelum jam tidurnya.

Selama mandi, Moms juga bisa sekaligus memberikan Si Kecil stimulasi pendengaran dengan mengajaknya bicara atau menyanyikannya lagu. Bila ia terlihat menikmati waktu mandinya, beri ia kesempatan untuk bermain-main sebentar di dalam air. Buatlah mandi menjadi aktivitas yang menyenangkan untuknya.

Memandikan bayi itu butuh latihan. Tidak ada ibu yang langsung mahir memandikan bayi pertamanya. Jadi, tenang saja ya, Moms. Mulai dengan perlahan-lahan dan minta bantuan orang lain bila perlu.

Jika Si Kecil demam, mengalami masalah pada kulit, atau memiliki kondisi tertentu yang membuat Moms ragu-ragu untuk memandikannya, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter apakah Si Kecil perlu dimandikan dan bagaimana cara memandikannya.

 

 

TAGS:

Artikel Lainnya

Alergi Dingin: Ciri – Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobati

Alergi Dingin: Ciri – Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobati

Alergi dingin merupakan reaksi yang timbul di permukaan kulit setelah terpapar suhu udara yang dingin. Ya, suhu udara yang dingin juga bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti alergi. Simak penjelasannya berikut ini yuk! Ketika udara dingin, Anda pastinya akan...

Pelajari Ciri – Ciri dan Mengatasi Ruam Popok

Pelajari Ciri – Ciri dan Mengatasi Ruam Popok

Bayi yang baru lahir memang rentan ya, Moms. Terpapar zat/benda asing sedikit saja, dapat membuat buah hati Anda merasa tidak nyaman. Salah satu kondisi yang umum dikeluhkan oleh bayi adalah masalah ruam popok. Ruam popok merupakan reaksi kulit yang seringkali terjadi...

9+ Cara Mengatasi Alergi Debu Pada Kulit

9+ Cara Mengatasi Alergi Debu Pada Kulit

Alergi debu merupakan reaksi tubuh yang terjadi ketika seseorang menghirup atau terpapar partikel-partikel debu yang ada di lingkungan di dalam rumah. Alergi bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Penyebab alergi bisa...

SensiCare