Kenali Lima Jenis Kulit Wajah

13 Apr, 2020Artikel

Pemakaian produk perawatan dan kosmetik perlu disesuaikan dengan jenis kulit wajah, agar hasilnya maksimal dan tidak malah menimbulkan masalah pada kulit. Oleh karena itu, kenali dulu jenis kulit wajah Moms sebelum memilih produk perawatan kulit dan kosmetik.

Jenis kulit wajah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia, faktor genetik, asupan cairan dan nutrisi, paparan sinar matahari, serta kondisi cuaca.

Seseorang yang pada masa mudanya memiliki kulit wajah normal bisa saja memiliki kulit kering ketika usianya bertambah. Kulit wajah normal pun bisa menjadi kering dan berkurang elastisitasnya saat kekurangan asupan cairan atau sering terpapar sinar matahari.

Selain beberapa faktor di atas, jenis kulit wajah juga dipengaruhi oleh kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan sensitivitas kulit terhadap zat tertentu.

 

Berbagai Jenis Kulit Wajah

Kulit wajah terbagi menjadi lima tipe, yaitu:

jenis kulit wajah

Mengenal Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawat yang Tepat

 

1. Kulit Normal

Kulit normal memiliki ciri tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Pori-pori kulit wajah normal juga terlihat halus dan bersih. Dibandingkan dengan jenis kulit wajah lainnya, kulit wajah normal jarang menimbulkan masalah dan cenderung lebih mudah untuk dirawat.

Meski jarang bermasalah, bukan berarti pemilik kulit normal tidak perlu menjaga kesehatan kulitnya. Untuk merawat kulit wajah normal, pemilik tipe kulit wajah ini perlu rutin membersihkan kulit wajah 2 kali sehari, rutin mengoleskan pelembap wajah, serta menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

2. Kulit Berminyak

Di jaringan kulit, terdapat kelenjar minyak yang berfungsi untuk memproduksi sebum. Sebum atau minyak alami kulit berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kuman dan menjaga kelembapan kulit.

Ketika sebum diproduksi terlalu banyak, kulit akan terlihat lebih berminyak dan mengilap, serta memiliki pori-pori yang besar. Sebum yang berlebihan di kulit wajah juga dapat menyumbat pori-pori, sehingga memudahkan munculnya komedo dan jerawat. Tipe kulit yang demikian adalah tipe kulit berminyak.

Jika Moms memiliki tipe kulit berminyak, jauhilah produk yang mengandung alkohol atau pewangi.

Untuk merawat kulit wajah berminyak, gunakanlah produk perawatan kulit yang mengandung dimethicone, hyaluronic acid, sulfur, dan retinol. Pilih juga produk yang berlabel noncomedogenic atau oil free (bebas minyak) karena produk jenis ini tidak menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga tidak menyebabkan jerawat.

 

3. Kulit Kering

Kulit kering disebabkan oleh minimnya kandungan minyak dan cairan di lapisan kulit. Jenis kulit ini ditandai dengan kulit yang kasar, pecah-pecah, terasa kencang, dan keriput. Kulit kering juga terkadang bisa menimbulkan rasa gatal.

Untuk merawat kulit kering, gunakanlah produk perawatan kulit yang mengandung pelembap, seperti petrolatum, lanolin, minyak mineral, gliserin, vitamin E, hyaluronic acid, dan ceramide.

Hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol, pewangi, retinoid, dan AHA, karena dapat membuat kulit mengalami iritasi. Selain itu, hindari juga kebiasaan mandi air panas atau mandi terlalu lama karena bisa membuat kulit semakin kering.

 

4. Kulit Kombinasi

Jika area tertentu pada wajah Moms terasa berminyak, namun area lainnya terasa kering atau normal, ini berarti Moms memiliki jenis kulit kombinasi.

Untuk merawat jenis kulit kombinasi, Moms bisa menggunakan dua macam produk perawatan kulit pada area wajah yang berbeda. Misalnya, mengoleskan pelembap untuk kulit berminyak di area T (kening, hidung, dan dagu) yang terasa berminyak, lalu mengoleskan pelembap untuk kulit kering di area pipi.

Moms juga bisa menggunakan dua macam produk perawatan kulit secara bergantian pada waktu yang berbeda. Misalnya, jika pagi hari menggunakan sabun pembersih wajah untuk kulit normal, malam harinya bisa menggunakan sabun untuk kulit berminyak.

 

5. Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang rentan mengalami iritasi terhadap bahan atau zat dalam kosmetik atau produk perawatan kulit.

Tipe kulit sensitif ini umumnya dimiliki oleh bayi karena kulitnya yang masih tipis. Namun, tak sedikit juga anak-anak atau bahkan orang dewasa yang memiliki tipe kulit sensitif. Jenis kulit ini biasanya mudah mengalami iritasi atau dermatitis setelah terpapar bahan atau zat tertentu, seperti alkohol, pewangi, pewarna, dan deterjen.

Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif perlu memilih produk perawatan kulit yang memang khusus untuk kulit sensitif. Produk tersebut biasanya berlabel hypoallergenic dan berbahan kimia lembut, sehingga risikonya untuk menimbulkan iritasi dan alergi pada kulit cukup rendah.

Agar kulitnya tidak kering, pemilik kulit sensitif dapat menggunakan pelembap atau produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. Bahan ini dapat menjaga kelembapan alami kulit serta melindungi kulit sensitif dari iritasi. Ceramide juga dapat meredakan gatal dan ruam di kulit ketika terjadi iritasi.

Baca Juga: Apa Itu Eksim, Penyebab Eksim, dan Cara Mengobati?

 

Dengan mengetahui jenis kulit wajah, Moms dapat menentukan produk perawatan yang tepat. Namun, jika Moms masih bingung dalam memilih produk perawatan yang sesuai jenis kulit wajah atau produk yang Moms gunakan justru menimbulkan masalah pada kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, ya.

 

 

TAGS:

Artikel Lainnya

Manfaat Baby Cream untuk Kulit Bayi

Manfaat Baby Cream untuk Kulit Bayi

Baby cream atau krim bayi merupakan salah satu produk perawatan kulit bayi yang harus tersedia di rumah, lho, Moms. Bukan tanpa alasan, baby cream diperlukan untuk mencegah atau mengatasi sejumlah masalah kulit yang mungkin dialami bayi. Kulit bayi masih tipis dan...

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

Bintik merah pada bayi bisa jadi merupakan tanda iritasi atau radang. Masalah kulit ini bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya jadi rewel. Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui cara mengatasi bintik merah ini agar tidak mengganggu Si Kecil atau bertambah...

SensiCare