Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Penting Diketahui

4 Mar, 2020Artikel

Ada banyak hal yang perlu dipelajari ketika menjadi orang tua baru, mulai dari cara menyusui, memandikan bayi, hingga mengganti popok. Agar tidak kewalahan, simak artikel ini untuk mengetahui cara merawat bayi baru lahir yang benar dan hal-hal apa saja yang perlu Moms perhatikan.

Sebenarnya, tidak ada aturan baku dalam cara merawat bayi baru lahir. Hanya saja, ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu Moms ketahui mengenai perawatan bayi baru lahir.

 

tips merawat bayi

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

 

Panduan Merawat Bayi yang Perlu Moms Perhatikan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan dalam merawat bayi baru lahir:

 

1.   Frekuensi menyusui

Sebagian orang tua baru masih mempertanyakan berapa kali dan berapa lama bayi baru lahir sebaiknya disusui. Sebenarnya, setiap bayi memiliki kebutuhan ASI yang berbeda. Namun, pada bulan pertama kehidupannya, bayi perlu diberikan susu sebanyak 8–15 kali dalam sehari, selama 20 menit setiap kalinya.

Untuk memastikan Si Kecil mendapat ASI yang cukup, Moms bisa melihatnya dari tanda-tanda berikut:

  • Si Kecil terdengar menelan ASI, bukan hanya mengecap pada puting.
  • Si Kecil melepaskan payudara dengan sendirinya
  • Bayi terlihat tenang dan tidak rewel setelah menyusu
  • Mulut Si Kecil terlihat lebih lembap setelah menyusu
  • Si Kecil kencing tiap beberapa jam
  • Tinja Si Kecil berwarna kuning muda

 

2.   Siklus tidur bayi

Pada minggu pertama kehidupannya, bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 14 – 18 jam, dan berkurang menjadi 12 – 16 jam setelah usianya 1 bulan. Di minggu – minggu awal, siklus tidur bayi baru lahir belum teratur, sehingga ia bisa saja lebih banyak terjaga di malam hari.

Pada masa-masa ini, Moms mungkin akan kekurangan waktu tidur. Oleh karena itu, setiap Si Kecil tidur, Moms sebaiknya juga ikut tidur. Selain itu, cobalah berbagi tugas dengan Ayah untuk mengurus Si Kecil, agar Moms tidak kelelahan.

Seiring perkembangan sistem sarafnya, siklus tidur Si Kecil sedikit demi sedikit akan sesuai dengan siklus tidur normal. Nah, agar proses adaptasi waktu tidurnya bisa lebih cepat, Moms dapat membantunya membedakan siang dan malam.

Caranya adalah dengan meredupkan lampu kamar ketika waktu tidur tiba dan menyusui Si Kecil dengan suasana yang tenang ketika ia terbangun di malam hari. Sementara saat siang hari, biarkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar dan ajak Si Kecil berbicara ketika menyusuinya.

Dengan cara ini, Si Kecil perlahan-lahan dapat membedakan bahwa siang adalah waktu untuk beraktivitas dan malam adalah waktu untuk tidur.

 

3.   Memandikan bayi

Banyak ibu yang masih bingung mengenai cara memandikan bayinya. Bayi baru lahir yang tali pusatnya belum copot sebaiknya tidak dimandikan. Cukup seka tubuhnya menggunakan waslap.

Setelah tali pusat puput atau lepas, barulah Moms dapat memandikan Si Kecil. Namun, lakukan secara hati-hati. Memandikan bayi baru lahir bisa hanya dengan air, bisa juga menggunakan sabun dan sampo khusus bayi. Setelah memandikan Si Kecil, jangan lupa untuk mengoleskan losion khusus bayi agar kelembapan kulitnya tetap terjaga.

Hal yang perlu diperhatikan saat memandikan Si Kecil adalah Moms tidak boleh meninggalkannya sendirian di bak mandi, ya. Hal ini karena bayi mudah tenggelam. Bila memang Moms perlu pergi sebentar, sebaiknya angkat Si Kecil dari bak mandi dan bawa ia bersama Moms.

 

4. Menggendong bayi

Bayi baru lahir bisa digendong dengan beberapa cara. Namun, menimang merupakan cara menggendong bayi baru lahir yang paling direkomendasikan pada minggu-minggu pertama kehidupannya.

Menimang bayi baru lahir juga cukup mudah. Pertama, bungkukkan badan dan selipkan satu tangan Moms di antara kepala dan leher bayi. Setelah itu, gunakan satu tangan lainnya untuk menopang punggung dan bokongnya. Angkat Si Kecil dan letakkan kepalanya di dada. Posisikan Si Kecil senyaman mungkin.

 

Cara merawat bayi baru lahir memang tidak mudah. Tapi Moms tidak perlu takut. Lama- kelamaan, Moms akan terlatih dengan sendirinya, kok, untuk merawat Si Kecil. Jadi, jalani saja prosesnya dengan sabar dan temukan cara yang paling sesuai dan nyaman bagi Moms maupun Si Kecil.

Apabila Moms masih merasa kesulitan atau kewalahan dalam merawat Si Kecil, jangan sungkan untuk meminta bantuan Ayah atau anggota keluarga yang sudah berpengalaman mengurus bayi baru lahir. Bila perlu, tanyakan kepada dokter mengenai cara yang paling tepat untuk merawat Si Kecil.

 

 

TAGS:

Artikel Lainnya

Cara Memijat Bayi yang Benar dan Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Memijat Bayi yang Benar dan Bisa Dilakukan di Rumah

Memberikan pijatan kepada Si Kecil tidak hanya baik untuk kesehatannya, tapi juga dapat memperkuat hubungan Moms dengan Si Kecil. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, memijat bayi justru bisa membuatnya sakit. Oleh karena itu, yuk, Moms, pelajari cara memijat...

Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Persiapannya

Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Persiapannya

Memandikan bayi bisa menjadi momen yang menegangkan bagi para ibu, terlebih bila ini adalah pengalaman pertama. Jika Moms masih ragu-ragu atau takut untuk memandikan Si Kecil, yuk, simak penjelasan berikut tentang cara memandikan bayi yang benar. Sebagai orang tua...

Cradle Cap: Penyebab Ketombe Pada Bayi

Cradle Cap: Penyebab Ketombe Pada Bayi

Kulit kepala bayi berkerak? Muncul Ketombe? Atau bisa dikenal dengan Cradle Cap. Moms. Pernahkah Anda memperhatikan pada masa awal-awal kehidupan si Kecil, di kepalanya terdapat seperti ketombe, kulit yang menumpuk, berkerak, dan bersisik? Kondisi kulit ini akan...

SensiCare