5 Cara Melembabkan Kulit Wajah Kering si Kecil

1 Nov, 2018 | Artikel

Cara melembabkan kulit kering pada wajah si Kecil dengan menggunakan bahan – bahan alami. Kulit yang kering disebabkan karena lapisan kulit epidermis telah kehilangan air dan lipid pada kulit. Temukan cara – cara alami dalam melembabkan kulit wajah kering dengan aman dengan bahan – bahan yang ada disekitar Moms.

 

cara melembabkan kulit

Cara Melembabkan Kulit Wajah Kering si Kecil

 

Kulit si Kecil kering sehingga menimbulkan gatal, ruam, hingga bintik merah pada kulit. Dengan kondisi kulit kering seperti itu membuat siapapun yang memilikinya tidak nyaman. Kulit biasanya menjadi tidak lembab atau menjadi kering disebabkan oleh kurangnya air pada kulit. Kurangnya pasokan cairan pada tubuh juga menyebabkan kulit si Kecil menjadi kering dan tidak lembab.

Lapisan epidermis pada kulit dikenal sebagai garis pertahanan terdepan tubuh, sekaligus mengatur banyaknya kadar air yang masuk dan keluar. Karena ada di bagian terluar, tentu epidermis juga berfungsi sebagai pelindung organ dalam tubuh dari beragam penyakit. Epidermis pada tubuh dapat membentuk pelembab alami pada kulit sehingga  kelembapan kulit terjaga dan aman dari serangan alergen, iritan dan mikroba. Akan tetapi, jika lapisan epidermis ini kurang terhidrasi dapat menyebabkan mudahnya kulit kering dan pecah-pecah sehingga memicu terjadinya berbagai gangguan kulit lainnya.

Kenapa seseorang memiliki kulit sensitif? Faktor keturunan memegang pengaruh besar. Selain itu, kondisi ini juga dipicu oleh perubahan musim, suhu ekstrem dingin atau panas, kelembapan yang rendah, hingga perawatan kulit yang kurang tepat.

Saat ini banyak sekali produk perawatan kulit yang dapat melembabkan kulit wajah sensitif, akan tetapi, produk perawatan alami yang lembut di kulit lebih baik Moms gunakan. Selain lembut di kulit  , yang paling penting adalah tidak merusak keseimbangan alami kulit wajah sensitif si Kecil. Maka dari itu berikut beberapa cara melembabkan kulit wajah sensitif menggunakan bahan – bahan alami yang aman.

Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering Secara Alami

Selain menggunakan pelembab untuk merawat kulit kering dan sensitif, Moms dapat mencoba melembabkan kulit menggunakan beberapa tips di bawah ini

 

  1. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak
    Terdapat hampir 70% tubuh manusia terdiri dari air. Manusia membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan cairan yang sudah keluar seharian atau yang telah diolah oleh tubuh.Perbanyak konsumsi air putih agar si Kecil terhindar dari dehidrasi atau kurang cairan. Kurangnya cairan pada tubuh dapat berpengaruh juga pada kesehatan kulit. Untuk usia dewasa minum air putih minimal 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas sehari. Akan tetapi untuk si Kecil hanya membutuhkan minimal 800 ml sehari atau setara dengan 3 – 4 gelas sehari. Kulit membutuhkan cairan untuk dapat membentuk minyak alami pada kulit sehingga kulit menjadi lembab.

     

 

  1. Waktu Mandi
    Mandi adalah aktivitas yang menyenangkan untuk Moms dan si Kecil. Aktivitas mandi merupakan aktivitas penting untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh buah hati, akan tetapi jika terlalu sering atau terlalu lama mandi bisa menghilangkan minyak – minyak alami pada kulit dan membuat kulit kering. Mandi dua kali sehari dengan durasi maksimal 10 menit adalah salah satu cara ampuh untuk menjadikan kulit bersih dan menjaganya agar tidak kering.

 

 

  1. Minyak Zaitun Untuk Kulit
    Dikenal luas karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan, tidak heran jika minyak zaitun bisa dijumpai di berbagai produk perawatan kulit, rambut, hingga bahan makanan. Untuk Moms yang sedang bingung mencari bahan alami untuk perawatan kulit sensitif, produk yang mengandung minyak zaitun atau minyak zaitun murni ini bisa jadi pilihan. Caranya cukup mudah, campurkan dua sendok minyak zaitun dan satu sendok air. Gosokkan pada telapak tangan dan oleskan pada area wajah dan kulit bayi yang kering, kemudian biarkan meresap ke kulit dengan sendirinya.

 

  1. Memberikan Asupan dan Makanan Bergizi
    Bayi baru lahir membutuhkan asupan energi dan gizi yang cukup. Cara paling alami untuk melembabkan kulit si Kecil ialah dengan cara menjaga dan memberikan asupan nutrisi yang bergizi. Sayur – sayuran dan buah – buahan yang mengandung vitamin seperti wortel, tomat, pepaya, kangkung baik untuk bayi.

 

Demi cara melembabkan kulit bayi yang maksimal, Moms harus rajin dalam mengaplikasikan kelima cara diatas. Tetapi, selain daripada cara melembabkan Moms juga perlu mengetahui bagaimana cara menjaga supaya kelembaban kulit tidak pudar dan memiliki kulit yang sehat.

 

Cara Menjaga Kelembaban Kulit Wajah Dengan Benar

  • Hindari si Kecil berada dibawah sinar ultraviolet yang terlalu lama. Pancaran sinar UV jika terlalu lama dapat membuat kulit kering dan kelembaban kulit berkurang.
  • Gunakan bedak dingin, topi atau payung yang dapat berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari.
  • Biasakan untuk membersihkan kulit wajah bayi setelah melakukan aktivitas seharian.
  • Banyak konsumsi air putih untuk mengurangi terjadinya dehidrasi kulit wajah dan terhidar dari masalah kulit kering.
  • Gunakan pelembab wajah yang cocok untuk wajah bayi agar kulitnya tetap lembab dan terawat.

 

Bagaimanapun, kulit adalah pertahanan pertama melawan infeksi, iritasi, dan alergi. Untuk menjaga kulit tetap lembab, diperlukan produk perawatan kulit khusus. Selain memilih sabun yang memiliki pH seimbang, penggunaan moisturizer setelah mandi mutlak diperlukan.

Ada berbagai produk pelembab kulit yang mudah ditemukan di toko-toko. Tapi untuk kulit yang sensitif, Moms wajib lebih waspada saat memilihnya. Biasakan untuk membaca kemasan produk dan pilih yang bebas alkohol, sehingga kulit terhindar dari iritasi dan kulit kering.

Jangan lupa juga untuk memilih produk dengan pH seimbang dan mencantumkan label hypoallergenic yang ramah untuk kulit sensitif. Percayakan pada Cussons Baby SensiCare 24 hr Daily Moisturizing Lotion yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi baru lahir, sensitif dan rentan eczema. Selain tinggi kandungan pelembap, produk ini juga bebas alkohol, bebas bahan kimia berbahaya seperti paraben serta mengandung Derma-softTM Complex Formula yang teruji klinis memberikan kelembapan 24 jam. Kandungan Natural Organic Oat, Olive Oil, Shea Butter, dan Ceramide di dalamnya mampu melapisi kulit, melembapkan, dan melindungi kulit agar tergaja kelembabannya sepanjang hari.

Cara melembabkan kulit kering harus Moms pahami. Jangan sampai salah mengenali kondisi kulit Moms dan rawat dengan produk perawatan kulit yang tepat.

 

TAGS: 

Artikel Lainnya

7 Cara Merawat Kulit Sensitif dan Kering

Cara merawat kulit sensitif dan kering berbeda dengan merawat kulit pada umumnya. Bayi baru lahir memiliki kulit yang  lebih tipis, lebih mudah kering dan sensitif sehingga  butuh perhatian ekstra dalam merawatnya. Kulit dengan jenis tersebut bersifat reaktif sehingga...

Kulit Sensitif – Perawatan dan Ciri – Ciri

Kulit merah, gatal, atau muncul bintik merah pada kulit? Hal tersebut merupakan tanda – tanda umum bahwa si Kecil memiliki kulit yang sensitif. Kenali kondisi kulit dan jenis kulit sehingga Moms dapat merawat kulit si Kecil dengan baik. Apakah bayi Moms memiliki kulit...

8 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Kulit kering bersisik dan gatal merupakan permasalahan pada kulit yang sensitif. Pahami bagaimana cara mengatasi kulit kering secara alami yang aman untuk kulit si kecil dan Moms. Memilih produk perawatan kulit kering yang aman adalah cara yang tepat untuk menghindari...

SensiCare