Tips Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit Bayi yang Sensitif

15 Mar, 2018 | Artikel

Sedihnya melihat bintik merah pada kulit bayi, yang diikuti dengan ruam dan kemerahan, bahkan rasa kurang nyaman dan rewel. Rasa gatal yang menyiksa ini membuat jari-jari bayi seakan tidak bisa berhenti menggaruknya.

Hal ini justru memicu luka dan infeksi yang semakin parah. Untungnya, Moms punya cara-cara tertentu untuk meringankan rasa gatal pada kulit bayi sensitif, seperti berikut ini.

Membersihkan Area Gatal dengan Air

Mandikan bayi dengan air suam-suam kuku, dan jika perlu gunakan sabun berformula ringan. Menurut situs WebMD, air yang terlalu panas, sabun, atau sampo yang kurang cocok justru bikin kulit jadi kering dan bintik merah pada bayi makin parah. Biarkan kering secara alami atau tepuk-tepuk kulitnya dengan perlahan. Menggosok kulit sensitif pada bayi bisa menambah iritasi, kering, dan gatal.

Memberikan Lap Dingin

Gatal pada bayi dapat semakin parah saat suhu udara meningkat. Segera lakukan perawatan kulit sensitif dengan menempatkan kompres atau handuk dingin langsung ke area yang gatal. Diamkan selama beberapa menit dan ulangi setiap kali diperlukan, jika perlu sepanjang hari, untuk mengurangi rasa gatal.

Memberikan Udara dengan Mengangin-anginkannya

Kulit bayi sensitif memang lebih rentan mengalami gatal dan kemerahan, apalagi jika berada di ruangan yang tertutup dan panas. Sebaiknya, Moms memindahkan si kecil ke ruangan yang lebih sejuk. Gunakan AC atau kipas angin, tapi disarankan untuk tidak mengarahkannya langsung ke tubuh bayi.

Selain itu, Moms juga dapat memilihkan pakaian atau popok yang akan dikenakan pada bayi. Hindari baju yang berbahan tebal dan pilih yang kainnya mudah menyerap keringat, sehingga memperlancar sirkulasi udara. Jika perlu, ada baiknya untuk tidak memakaikan popok jika si kecil mengalami ruam kulit hingga kondisinya membaik.

Tenangkan Kulitnya dengan Krim atau Losion

Jika gatal pada bayi dirasa semakin parah dan menggangguyang bikin si kecil makin rewel, Moms bisa mengaplikasikan krim atau losion yang tepat untuk me-moisturized dan menenangkan kulitnya. Pemilihan krim atau losion yang tepat akan membuat kulitnya lebih nyaman, terutama di bagian yang sangat kering.

Setelah mandi atau diseka dengan lap basah, keringkan dan aplikasikan krim ke kulit yang mengalami ruam. Oleskan tipis-tipis ke area yang gatal dan hindari bagian tubuh yang sensitif, seperti mata atau bagian kelamin.

Cara-cara perawatan kulit sensitif pada bayi ini bisa Moms coba sendiri si rumah. Walau dapat berangsur-angsur membaik dengan sendirinya, tapi jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Terutama jika menemukan ruam kulit yang tampak semakin parah, terinfeksi, tidak hilang setelah beberapa hari, hingga suhu tubuh bayi yang meningkat.

SOURCE:

https://www.livestrong.com/article/506275-how-to-treat-itchy-skin-on-babies/
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/features/child-scratching%232
https://www.popsugar.com/moms/6-Ways-Treat-Eczema-27330501

Artikel Lainnya

Mungkinkah Bayi Moms mengalami Eczema?

Dermatopis atopik, atau biasa disebut, Eczema/Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang biasanya dialami oleh bayi di tahun-tahun pertama mereka. Bayi yang menderita Eczema memiliki bercak-bercak kemerahan diikuti rasa gatal, terutama pada malam hari. Bercak-bercak...

12
Sensicare