Mengenal Bahan-Bahan Alami yang Bermanfaat untuk Melindungi Kulit Sensitif Bayi

15 Mar, 2018 | Artikel

Memiliki bayi yang bermasalah dengan kulit sensitif memang sedikit merepotkan. Tapi jangan menyepelekan perawatannya, karena salah menggunakan produk atau kurang tepat merawat kulitnya malah akan membuat masalah kulit semakin parah.

Agar bayi tetap merasa nyaman dan terhindar dari iritasi, kenali bahan-bahan alami berikut ini yang dapat melindungi kulit bayi tanpa rasa khawatir.

Minyak Argan

Tidak bisa dipungkiri, kulit sensitif pada bayi membuat para orangtua lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan adalah minyak argan. Disebut sebagai emas cair, hasil ekstraksi pohon Argan yang hanya tumbuh di Maroko ini mengandung vitamin A dan E yang tinggi dan ampuh memperbaiki sel kulit kepala. Minyak argan juga diyakini mampu melembutkan rambut si kecil dan menutrisi kulit kepala.

Shea Butter

Orang-orang Afrika menyebut pohon Shea sebagai hadiah dari Tuhan karena umurnya yang dapat mencapai 300 tahun dan menghasilkan buah mirip kacang yang kaya akan gizi. Shea butter kini menjadi bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan kulit, kosmetik, dan perawatan rambut. Untuk perawatan kulit bayi sensitif pun, penggunaan produk yang mengandung pelembap alami ini mampu melindungi kulit yang sangat kering dan terkelupas, bahkan mendorong pertumbuhan rambut.

Minyak Zaitun

Dikenal luas karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan, tidak heran jika minyak zaitun bisa dijumpai di berbagai produk perawatan kulit, rambut, hingga bahan makanan. Untuk Moms yang sedang bingung mencari bahan alami untuk perawatan kulit sensitif, produk yang mengandung minyak zaitun atau minyak zaitun murni ini bisa jadi pilihan.

Minyak zaitun dapat membuat kulit bayi tetap halus dan sehat, berkat kandungan lemak sehar, vitamin E, dan antioksidan di dalamnya. Selain itu, minyak hasil ekstraksi buah zaitun juga bekerja ajaib mengatasi dan mencegah ruam.

Caranya cukup mudah, campurkan dua sendok minyak zaitun dan satu sendok air. Gosokkan pada telapak tangan dan oleskan pada area yang biasa terkena ruam, biarkan kering dengan sendirinya.

Organic Oat

Bukan hanya dikenal sebagai bahan makanan sehat, organic oat juga punya banyak khasiat dalam perawatan kulit, salah satunya untuk merawat kulit sensitif pada bayi. Organic oat merupakan cara alami untuk mempertahankan kelembapan alami kulit, dan melindungi serta mengatasi kulit dari iritasi, gatal atau bintik merah pada bayi.Untuk memanfaatkannya, Moms bisa memilih produk yang mencantumkan organic oat dalam daftar kandungannya.

Untuk merawat kulit sensitif pada bayi tanpa efek samping, Moms dapat beralih ke bahan-bahan alami yang ampuh menjaga kesehatan kulit si kecil. Selamat mencoba ya Moms!

Artikel Lainnya

Kulit – Pengertian dan Cara Merawat

KULIT Kulit merupakan salah satu bagian paling penting pada tubuh manusia. Setiap kulit pada manusia tersusun dari tiga bagian penting, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Fungsi pada setiap bagian berbeda – beda. Dalam merawat kulit kita harus mengetahui fungsi...

Tips Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit Bayi yang Sensitif

Sedihnya melihat bintik merah pada kulit bayi, yang diikuti dengan ruam dan kemerahan, bahkan rasa kurang nyaman dan rewel. Rasa gatal yang menyiksa ini membuat jari-jari bayi seakan tidak bisa berhenti menggaruknya. Hal ini justru memicu luka dan infeksi yang semakin...

123
SensiCare