Bukan Hanya Cuaca, Ini Lho Penyebab Gatal Pada Kulit Sensitif Bayi

7 Feb, 2018 | Artikel

Dibanding dengan orang dewasa, kulit bayi memang lebih tipis sehingga lebih sensitif dan rentan terhadap perubahan yang ada di sekitarnya. Selain memicu kulit jadi kering, tidak jarang si kecil mengalami gatal yang bikin mereka merasa kurang nyaman dan rewel.
Bukan hanya disebabkan cuaca ekstrim seperti suhu udara yang dingin atau terlalu panas, gatal juga bisa dipicu oleh beberapa faktor berikut ini.

Debu

Gatal-gatal yang dirasakan oleh bayi bisa jadi dipicu oleh alergi yang dimiliki, salah satunya debu. Biasanya hal ini terjadi ketika bayi berada di tempat yang berdebu dan mulai muncul kemerahan, bintik merah pada bayi, bahkan ruam kulit. Perhatikan tanda-tanda lain yang menyertai, seperti mata berair dan bersin-bersin.
Untuk melindungi bayi dari ancaman gatal-gatal akibat alergi debu, pastikan kamar terbebasdari debu. Mulai dari rajin mengganti sarung bantal dan sprei, rajin membersihkan ruangan, hingga mencuci boneka bulu yang setia menemani si kecil tidur.

Bahan Baju yang Tak Nyaman di Kulit

Siapa yang tidak gemas melihat bayi dengan pakaiannya yang imut? Tapi Moms harus hati-hati, karena pemilihan bahan pakaian yang tidak mudah menyerap keringat, berbahan tebal, berenda, atau berlapis mudah memicu kulit jadi gatal dan kemerahan. Sebaiknya, sesuaikan pakaian dengan suhu udara dan pilih pakaian yang nyaman di kulitnya, seperti katun.

Perubahan Tingkat Kelembapan yang Ekstrim

Bayi dengan kulit sensitif memiliki jumlah jaringan lemak yang lebih tipis. Akibatnya, saat terkena paparan udara atau air yang terlalu panas atau terlalu dingin, bisa memicu iritasi pada kulitnya.

Penggunaan Produk Perawatan

Kulit bayi memang lebih rentan terhadap zat-zat yang bersentuhan, termasuk sabun, sampo, lotion, hingga deterjen untuk mencuci baju. Jika kulit si kecil termasuk sensitif, beralihlah ke produk yang memiliki pH netral dan berformulasi lembut, sehingga terhindar dari risiko gatal.

Air Kurang Bersih Bisa Menyebabkan Gatal

Memandikan bayi merupakan kegiatan wajib yang tidak hanya menghilangkan kotoran dari tubuhnya, tapi juga menjaga kesehatan kulit. Selain mengatur suhu air, pastikan hanya menggunakan air bersih untuk menyeka tubuhnya. Air yang kurang bersih atau keruh rentan mengandung partikel kecil atau bahkan bakteri yang dapat memicu rasa tak nyaman dan gatal.

Ada banyak faktor yang dapat memicu kulit si kecil jadi gatal dan kurang nyaman. Waspadai penyebabnya dan temukan cara terbaik untuk mencegah kulit bayi jadi gatal.

SOURCE :

http://www.healthguidance.org/entry/14325/1/Babies-and-Dust-Allergies.html
https://hellosehat.com/parenting/kulit-bayi/penyebab-kulit-bayi-gatal/
https://www.thebump.com/a/itchy-skin-baby
http://kidshealth.org/en/parents/diaper-rash.html#

Artikel Lainnya

Kulit – Pengertian dan Cara Merawat

KULIT Kulit merupakan salah satu bagian paling penting pada tubuh manusia. Setiap kulit pada manusia tersusun dari tiga bagian penting, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Fungsi pada setiap bagian berbeda – beda. Dalam merawat kulit kita harus mengetahui fungsi...

Tips Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit Bayi yang Sensitif

Sedihnya melihat bintik merah pada kulit bayi, yang diikuti dengan ruam dan kemerahan, bahkan rasa kurang nyaman dan rewel. Rasa gatal yang menyiksa ini membuat jari-jari bayi seakan tidak bisa berhenti menggaruknya. Hal ini justru memicu luka dan infeksi yang semakin...

123
SensiCare